Rabu, 18 April 2012

Into The Wild


 INTO THE WILD -  Mungkin ini merupakan salah satu film yang paling banyak disukai oleh anak pecinta alam, atau setidaknya yang suka berpetualang. Sebuah film yang bercerita tentang seorang pemuda idealis yang muak dengan kehidupan yang penuh dengan kepalsuan dan memilih untuk mengasingkan diri di alam liar ALASKA. Dia ingin menyatu dengan alam dan menggantungkan semuanya dengan alam. woowww gilla bukan...hhehhe.

Film ini di angkat dari kisah nyata seseorang bernama Christopher McCandless. Seorang pemuda yang sangat cerdas, atletis dan berasal dari sebuah keluarga kaya. Ayahnya, Walt McCandless, adalah seorang specialist yang bekerja untuk NASA, sedangkan ibunya, Wilhelmina Johnson, adalah seorang konsultan yang sangat sukses.
Lahir di Virginia, Chris (Christopher McCandless) tumbuh dan besar bersama adik perempuannya yang bernama Carine. Chris adalah lulusan terbaik di Emory College, dan telah mendapatkan tawaran untuk melanjutkan kuliah di Harvard jurusan Hukum. Tapi ia meninggalkan semua yang ia miliki untuk kemudian hidup menjelajah alam liar, obsesi utamanya adalah Alaska. 

Chris kemudian memilih untuk berpetualang bebas, menyendiri dan meninggalkan kehidupan sosial dari orang-orang yang dikenalnya, sebagai ekspresi ketidakpuasan dirinya atas peradaban yang disaksikannya setiap hari. Baginya, modernisasi membuat individu menjadi tidak manusiawi. Dia berpikir, penderitaan yang terjadi dimana-mana disebabkan karena manusia saling menyakiti. Masyarakat dianggapnya lebih banyak mengekang kebebasan individu, hingga mengatur bagaimana caranya hidup. Kondisi seperti itulah yang dialami Chris dengan keluarganya

Chris memulai perjalanannya menuju Danau Mead, Alaska, pada Juli 1990. Ia mengubah namanya menjadi Alexander “Supertramp”. Di situ ia meninggalkan mobil tuanya, dan melepas plat nomor lalu membuangnya jauh-jauh agar tidak dikenali.

Dalam perjalanannya ia bertemu dengan pasangan suami istri, hippie, yang juga adalah pengelana. Mereka tidak pernah tinggal pada satu tempat dan tinggal dalam sebuah van. Kehadiran chris ditengah renggangnya hubungan suami istri hippie itu membuat pasangan itu berfikir bahwa hidup bukanlah semata-mata materi, tapi adalah pentingnya saling memiliki satu sama lain.Ia juga bertemu gadis muda berumur 18 tahun yang bernama Tracy, yang akhirnya jatuh cinta pada chris dan meminta chris agar tidak melanjutkan perlajanannya. Namun bagi chris lebih penting baginya untuk tahu arti hidupnya terlebih dahulu. 
 
Cristy and Chris
 
Setelah itu bertemu pasangan pengelana ilegal di amerika, bekerja pada seorang pengusaha yang ternyata juga ilegal, dan seorang veteran perang tua yang tinggal sendiri yang bernama RON, dan akhirnya chris tiba juga di Alaska 
  
Ron And Chris
 
Sampai di Alaska Chris harus menyeberangi sungai beku hingga mendapati sebuah bis kosong untuk dijadikan tempat tinggalnya. Di Alaska Chris banyak menghabiskan waktunya untuk membaca buku dan berburu. Dan sampai akhirnya ia merasa bosan atas kesendiriannya dan ingin kembali ke kehidupan normal.

Namun alam seakan tidak begitu saja membiarkannya pergi, ia terjebak di alam liar Alaska. Karena sungai beku yang dulu ia lewati sekarang berubah menjadi sungai yang begitu besar dengan arus yang deras.

Persediaan makanannya pun mulai habis, hewan yang biasa di buru sekarang juga sudah tidak ada. Chris hanya bergantung pada tanaman-tanaman yang berada disekitarnya. Yang akhirnya ia memakan sebuah tanaman yang mengandung racun. Berhari-hari ia mencoba melawan racun tersebut hingga tubuhnya lemas dan tidak bisa bergerak.

Air matanya mengalir ketika membuka buku Doctor Zhivago yang dia bawa. Matanya terpaku pada deretan kalimat :

"... and that an unshared happiness is not happiness..."

Dan akhirnya ia menuliskan sebuah kalimat yang menurut saya sangat menggugah sekali.
 
 "HAPPINESS ONLY REAL WHEN SHARED"
 
Sampai akhirnya dia meninggal dan menyatu dengan alam liar ALASKA.
 
 
Foto asli Christopher McCandless 
 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Hosting Coupons